Pages

setting

ini hidup ! jalani hidup ini dengan suka ria , sungguh disayangkan sekali bila hidup terlalu banyak penyesalan .JUJUR , TULUS , IKHLAS , SABAR , TAWAKAL !

Labels

Powered By Blogger

Senin, 19 November 2012

Keutamaan Berbakti Pada Orang tua

 




1. Adalah amal yang paling utama, sesuai sabda Rosululloh:

"Aku bertanya kepada Nabi tentang amaal-amal yang paling utama dan dicintai Alloh. Nabi menjawab, pertama sholawat pada waktunya (dalam riwayat lain disebutkan sholat di awal waktunya), kedua berbakti kepada kedua orang tua, ketiga jihad di jalan Alloh (HR. Bukhori I/134, Muslim no 85)"

2. Ridho Alloh tergantung kepada ridho orang tua, sesuai sabda Rosululloh:

"Ridho Alloh tergantung kepada keridhoan orang tua dan murka Alloh tergantung kepada kemurkaan orang tua" (HR Bukhori, Ibnu Hibban, Tirmidzi, Hakim)


3. Berbakti kepada orang tua dapat menghilangkan kesulitan yang sedang dialami, yaitu dengan cara bertawasul dengan amal sholeh. Dalilnya adalah hadits riwayat dari Ibnu Umar mengenai kisah tiga orang yang terjebak dalam gua, dan salah seorangnya bertawasul dengan bakti kepada ibu bapaknya. (HR Bukhori dalam Fathul Bari 4/449 no 2272, Muslim (2473)(100))

4. Akan diluaskan rizki dan dipanjangkan umur kita, sesuai sabda Nabi:

"Barangsiapa yang suka diluaskan rizki dan dipanjangkan umurnya maka hendaklah ia menyambung tali silaturrohmi" (HR Bukhori 7/7, Musilim 2557, Abu Dawud 1693)

5. Akan dimasukkan surga (jannah) oleh Alloh Subhanahu Wa Ta’ala. Dosa-dosa yang Alloh segerakan adzabnya di dunia di antaranya adalah berbuat zalim dan durhaka kepada orang tua.

Tidak ada komentar:

Followers

Kursor